Ternyata Ini Alasannya! Penjelasan Secara Medis, Ketika Kamu Tiba-Tiba Seperti Berasa Jatuh Ketika Sedang Tidur

Ternyata Ini Alasannya! Penjelasan Secara Medis, Ketika Kamu Tiba-Tiba Seperti Berasa Jatuh Ketika Sedang Tidur



Pernahkan saat tidur nyenyak kemudian merasakan sensasi yang mengerikan? Seperti terjatuh atau tersengat listrik? Tidur sendiri merupakan kegiatan yang penting dilakukan. Karena dengan tertidur maka bisa meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak dan bisa mengembalikan energi yang hilang.

Namun jika saat tertidur kemudian merasakan seperti tiba-tiba terjatuh tentu bisa membuat ketakutan. Mungkin sebagian orang akan menanggapinya dengan biasa dan tidur kembali.

Tapi ada juga orang yang kemudian terbangun dengan detak jantung yang sangat kencang serta merasakan ketakutan. Tentu kamu akan bertanya-tanya kenapa sering mengalami hal seperti itu. Meski ada juga yang mengaitkan dengan hal-hal yang mistis.

Seperti mitos tentang jiwa yang dapat meninggalkan tubuh saat tidur. Namun ternyata hal tersebut tidak benar sama sekali. Terdapat penjelasan secara medis tentang bagimana sensai jatuh yang dialami saat tertidur.




Pada saat tidur, ternyata akan mengalami empat siklus. Nah sensasi seperti terjatuh saat tidur merupakan tahap awal yang dalam dunia medis disebut dengan NREM.

Hal ini terjadi secara alami ketika mengantuk dan akan tidur, otot-otot akan rileks. Inilah yang membuat otak terkadang menjadi bingung. Karena otak akan berpikir kita akan jatuh. Akibatnya otot yang sebelumnya rileks bisa menjadi tegang kembali.

Sehingga kita akan kaget dan terbangun. Ini terjadi ketika kamu telah melewati hari yang menegangkan atau sangat melelahkan, serta memiliki kebiasaan tidur yang tak teratur.

Meskipun mengalami sensasi seperti terjatuh saat tidur, namun itu merupakan hal yang tak perlu dikhawatirkan dan bukan merupakan penyakit yang berbahaya.
 
Hanya saja tandanya tubuh kurang istirahat karena terlalu lelah. Jadi disarankan jangan terlalu capek agar bisa mendapatkan tidur yang berkualitas.



Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts